welcome

Selasa, 28 Maret 2017

Explore Samarinda (Part 2), Selamat Sore Jantung Kotaku.

Masih dalam edisi Explore potensi wisata di Samarinda, kali ini aku bakal ngebahas tentang objek wisata yang gak cuma bikin kita refresh dari kesuntukan sehari-hari, tapi juga IG-able atau cocok buat hunting poto-poto keren supaya feed Instagram jadi berwarna.

Taman Kota
Banyaknya taman kota yang tersedia di kota Samarinda, harusnya sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai media refreshing yang murah dan segar. Namun kebanyakan dari kita malah lebih memilih untuk pergi ke mall, yang tentu menjadikan diri kita pribadi yang konsumtif.

Pernah suatu ketika, aku mengajak saudara yang masih remaja untuk sekedar nongkrong di taman kota, dan jawabannya sungguh menggelikan, "ngapain sih ka ke tepian, kayak anak alay aja". Padahal menurutku, jalan-jalan ke mall atau nongkrong di cafe yang cuman sekedar ngabisin uang itu yang namanya alay.

Maka dari itu, salah satu tujuan aku nulis tentang ini, adalah agar kita semua mengetahui apa saja potensi yang dimiliki kota kita sendiri. Sehingga kita dapat memanfaatkannya dengan baik dan kalau bisa mulailah untuk memperkenalkannya dan membanggakannya ke masyarakat luar. Kalau bukan kita, lalu siapa?

Tepian


Objek wisata Tepian sungai Mahakam yang merupakan landmark kota Samarinda, adalah pusat nongkrongnya bubuhan Samarinda, terbagi menjadi 2 area, pertama tepian yang letaknya dari depan Kantor Gubernur memanjang sampai depan Bank BTN, dan kedua berada di sepanjang tepian tepat di depan masjid Islamic Center Samarinda.


Jika malam minggu tiba, dari sepasang kekasih yang sedang kasmaran, keluarga dengan anak-anak kecilnya, komunitas tertentu, sampai jomblo-jomblo yang sedang usaha dapat gebetan, nongkrongnya di Tepian Mahakam ini.
Selain suasananya yang romantis, di dukung pula dengan banyaknya tersedia makanan-makanan yang dijual dan dijajakan pedagang kaki lima, tepian menjadi alternatif pilihan untuk refreshing murah meriah ala bubuhan Samarinda. 😁

Teluk Lerong Garden



Masih di sepanjang area tepian, tepat di tikungan yang bersebelahan dengan POM Bensin, kita akan menemui taman lampion mini yang berada sedikit di tanjakan, tepatnya berada di bawah pohon beringin yang rindang dan besar yang konon katanya usianya sudah mencapai ratusan tahun.
Dulunya merupakan sebuah situs berharga samarinda zaman dulu, karena terdapat monumen kapal tambangan (ketinting) samarinda. Kini, daerah ini sudah dihiasi lampion dengan berbagai bentuk, menjadikan tempat ini sangat indah di malam hari. Disini juga menjadi spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam yang menghadap langsung ke sungai mahakam.



Tahun 2015 kemaren sempat heboh di beritakan, di temukan terowongan bawah tanah peninggalan Jepang dari sisa perang dunia II, dimana terowongan tersebut di duga memanjang sampai di bawah tanah dari taman Teluk Lerong Garden ini.


Taman Cerdas



Berada di jalan S. Parman, ruhui rahayu, tepat di sebelah rumah dinas Walikota, terdapat sebuah taman dengan aneka area bermain untuk anak, area olahraga seperti bike track, jogging track dan area skateboard, serta di sediakan pula outdoor studio mini untuk acara-acara pementasan yang diadakan disini.


Acara-acara yang biasa di adakan disini seperti bulan bahasa, malam puisi, night acoustics performance, atau acara-acara amal dan sebagainya.

Taman Sejati



Berlokasi di Jalan MT Haryono, taman ini merupakan salah satu program untuk memperpanjang ruang terbuka hijau (RTH) di Samarinda.
Walau Taman ini memang belum selesai pembangunannya karena terhalang anggaran dana yang kurang, tapi sudah banyak masyarakat yang menikmati areanya yang tenang dan tempatnya yang nyaman karena berada di lereng perbukitan.
Taman ini mempunyai ciri khas yang unik Yaitu Memiliki kolam ikan yang lumayan besar dan terdapat gazebo di tengahnya.

Taman Segiri



Terletak di samping Taman Makam Pahlawan, Jalan Pahlawan, Taman yang berada di tengah kota ini sangat mudah di akses karena letaknya yang strategis.
Taman ini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit pelajar dan mahasiswa pada siang maupun malam hari. Sekadar ingin bersantai di bawah rindangnya pepohonan saat matahari bersinar terik, atau malam harinya, saat taman ini dihiasi air mancur yang membentuk terowongan, dengan cahaya lampu berwarna biru yang menyinari setiap pancuran air.


Selain karena adanya Monumen Pancasila berwarna hitam berdiri kokoh di tengah-tengah Taman, ditambah tulisan 5 sila dan burung garuda berwarna emas, yang membuat monumen ini tampak elegan, yang unik dan menarik dari taman ini adalah adanya batu-batu yang di tanam di sepanjang area taman yang sering di gunakan masyarakat sebagai media refleksi. 😅

Taman Samarendah



Taman Kota sebagai fasilitas publik di Kota Tepian tampaknya sangat digandrungi. Selain sebagai tempat untuk menambah keindahan, Taman Kota ternyata juga banyak dimanfaatkan oleh warga Samarinda. Masyarakat Kota Tepian Tengah memanfaatkannya untuk berolahraga atau sekadar berkumpul dan berjalan sore-sore bersama keluarga. Misalnya saja seperti taman Samarendah ini, di bangun di lahan bekas SMA 1 dan SMP 1, taman Samarendah ini di canangkan sebagai jantung kota Samarinda


Walaupun pohon-pohonnya belum terlalu rindang, tapi taman Samarendah ini sudah ramai di datangi oleh masyarakat pada sore hari. Fasilitasnya juga sudah di dukung dengan parkiran dan mushola yang memadai.

Nah...
Mungkin itu aja dulu pembahasan kita soal taman kota Samarinda.
Mari kita sama-sama ramaikan dan jaga taman kota kita ya gaes.
Membangun itu mudah, yang susah itu menjaganya. 😊😊

Courtesy by: undas.co, kaltimpost-online.

1 komentar: