welcome

Rabu, 13 September 2017

Tips Lulus Mengikuti Ujian CPNS

Akhir-akhir ini lagi trending topik mengenai pembukaan formasi CPNS 2017.
Setelah 2 tahun terakhir memang gak ada penerimaan CPNS, jadi wajar kalau peminat CPNS tahun ini sangat banyak sekali.

Saya juga salah satu peserta tes CPNS di tahun 2014, peserta ujian CPNS di tahun 2014 adalah peserta uji coba yang untuk pertama kalinya sistem CAT (computer assisted test) di gunakan.

Diselenggarakannya ujian CPNS dengan sistem CAT ini menutup kesempatan bagi oknum-oknum tertentu untuk berbuat curang. Yaa seperti kita tau, persepsi masyarakat dalam penyelenggaraan tes CPNS pasti kental sekali dengan adanya KKN dan Korupsi.
Sampai sekarang aja, aku masih sering di tanya, "Resti bisa lulus CPNS gimana caranya? Ada orang dalam kahh? Bayar berapa?"

Padahal kita mah bener-bener murni lolos tanpa ada apa-apa. Tanpa ada manipulasi-manipulasian. Bagaimana mau memanipulasi kalau nilai yang diperoleh peserta langsung bisa dilihat beberapa detik saat selesai mengerjakan soal tes CPNS.

Yups, dengan sistem CAT kita sudah bisa mengetahui kita lulus atau tidak melalui passing grade. Karena nilai dari 3 tes dalam sistem CAT akan muncul begitu kita selesai atau waktu tes sudah habis.

Tes CAT terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Yang masing-masing dari 3 tes ini ada passing grade yang menjadi ukuran nilai dalam menentukan siapa saja nantinya yang akan mengikuti seleksi selanjutnya, yaitu Psikotes dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Oke kita lanjut...
Saya adalah peserta CPNS dari tahun 2013.
Pada tahun 2013 seleksinya masih menggunakan LJK bukan dengan sistem CAT.
Sayangnya saya tidak berhasil lulus di tahun tersebut.


1 tahun saya menyiapkan diri untuk mengikuti tes selanjutnya, dan akhir tahun 2014 formasi CPNS kembali di buka. Yang membuka formasi CPNS saat itu adalah provinsi Kalimantan Timur dan Formasi yang saya incar adalah Bidan pelaksana dengan pendidikan D3 kebidanan. Ingat sekali jika formasi bidan yang di butuhkan saat itu hanya 6 kuota, dan peminat/pendaftar untuk formasi tersebut sekitar 1200an peserta. 1 banding 200. 😅😅

Lanjut...
Fokus dalam persiapan menghadapi tes yang akan ditemui nanti pada saat tes seleksi CPNS berlangsung,
Disini, saya akan berbagi sedikit tips buat teman-teman yang akan mengikuti tes CPNS 2017.

1. Melengkapi persyaratan dan berkas CPNS.
Tentu saja, sebelum mengikuti tes, yang harus di persiapkan adalah melihat formasi yang ada, apakah formasi yang di cari sesuai dengan latar belakang pendidikan kita. Jika sudah, pastikan kita melengkapi persyaratan yang di butuhkan dengan benar dan lengkap. Percuma kan nanti kita capek-capek mempersiapkan diri, gak taunya seleksi berkas aja kita gak lolos... 😐😐
Dan saran saya, jika semua berkas sudah siap, segeralah mengumpulkan berkas anda kebagian penerimaan berkas. Semakin cepat semakin baik, kata teman saya di BKD, mengurangi human error. Takutnya semakin lama, petugas seleksi berkasnya makin sumpek, jenuh, karena makin hari berkas yang masuk akan semakin banyak dan petugasnya makin kelelahan.

2. Memperbanyak materi penguasaan terkait dengan materi-materi soal ujian tes CPNS 2017.
Semakin banyak latihan soal, semakin baik. Karena dalam ujian pertama yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD), ada 3 kategori tes yang diujikan. Usahakan untuk menguasai ketiga materi secara merata.

- Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Untuk tes ini, pelajarilah sejarah Indonesia, sejarah kota/provinsi dari tempat dilaksanakannya tes CPNS, UUD 1945, butir pancasila, dan segala yang berhubungan dengan PKN. Aku waktu itu melahap buku-buku sejarah murid SD (karena bacanya ringan, dan mudah di mengerti dan juga sudah mencakup sejarah Indonesia sebagian besar).

- Tes Intelegensia Umum (TIU)
Tes ini kebanyakan hitungan mudah. Matematika SMP kalau aku bilang, seperti aljabar, bangun ruang, deret aritmatika dan logika.

- Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Dan tes ini adalah tes yang membuatku jatuh pada tes tahun 2013 sebelumnya, jika ada beberapa tips yang mengatakan, dalam tes ini kita harus jujur menjawab sesuai apa adanya kita, jangan percaya itu. Jika kalian ingin lulus, jawablah soal ini dengan baik. Yups, jadilah orang baik. Jawablah soal yang mengarah ke hal positif tapi tetap harus konsisten, karena kadang untuk soal TKP ada beberapa soal yang diulang-ulang, untuk membuktikan apakah kita konsisten atau tidak dengan jawaban kita sebelumnya.

Intinya adalah sering-sering berlatih soal. Karena memang materi yang diujikan dalam tes CPNS setiap tahunnya itu hampir sama sehingga semua bisa dipelajari meski tingkat kesulitan yang diujikan itu semakin lama semakin tinggi. Dan jika di kota kalian ada try out penyelenggaraan CPNS, tidak ada salahnya untuk mengikutinya. Aku sendiri juga dulu mengikuti try out CPNS yang diadakan BKD, walaupun waktu try out seringkali malah gak lulus passing grade. 😅😅

Untuk info teman-teman, ini adalah nilai TKD saya:
TKP : 152
TIU : 120
TWK :125
Total = 397

Target saya sebenarnya adalah 400 point, tapi mencapai angka tersebut saya sudah cukup bersyukur. 😊😊

3. Perbanyak berdoa dan minta doa restu orang tua.
Tau istilah orang pintar kalah dengan orang beruntung kan...
Nah... Tes CPNS ini kadang untung-untungan. Kadang yang pintar sekali malah gak lulus, yang lulus adalah orang yang biasa-biasa aja. Ini kenapa? Karena dia beruntung.
Maka ciptakanlah takdir beruntung kalian dengan berdoa dan meminta restu orang tua.

Nahh.. Demikian tips-tips dari saya, semoga bermanfaat. Semoga para peserta tes CPNS tahun ini sukses ya...



Dan untuk tips mengikuti tes lanjutan CPNS (PsikoTes dan Tes Kompetensi Bidang) di tunggu ya artikelnya...

5 komentar:

  1. MB klo tak kisi kisi y apa aja ya?trs cr bljry gmn kan materinya buk bget...trimksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena sy pernah gagal di ujian sebelumnya, maka selama setahun penuh sy persiapan belajar. Yahh dulu sehari2 gitu baca materi TWK. Selesai semua. Baru latihan soal...
      Kalo sy saran, banyakin latihan soal aja..

      Hapus
  2. KISAH CERITA SAYA ~ SUKSES JADI PNS


    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 3 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk menjemput berkas SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa terima SK PNS saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda. Wassalam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan tergiur dengan iming2 seperti ini.
      Ada usaha ada hasil.

      Di era jokowi gini, sistem penerimaan CPNS sdh demikian transparan, jadi tergantung usaha kita lagi. Dan banyak2 berdoa...

      Hapus
  3. wah tipsnya bagus sekali kakak, nice info dan blog!

    berita korea utara

    BalasHapus